Type Here to Get Search Results !

8 Tradisi Arab Yang Perlu Anda Ketahui Saat Berada di Saudi!

8 Tradisi Arab Yang Perlu Anda Ketahui Saat Berada di Saudi!

 
 oleh: Muhammad Zulifan*

Setiap negara memiliki budaya yang berbeda. Budaya Saudi atau lebih tepatnya Dunia Arab sedikit berbeda dari budaya Barat. Hal ini menjadi sebab mengapa sebagian besar ekspatriat harus memahami Tradisi Arab Saudi sebelum masuk ke negeri tersebut.
Pada artikel ini, akan dijelaskan tentang Tradisi Arab Saudi yang setiap orang harus tahu sehingga tidak bertindak keliru.

1. Jabat Tangan Hangat

tradisi Arab
dua orang Arab bersalaman (lifeonoilfield.wordpress.com)
Orang Saudi sangat ramah dan mereka juga mengharapkan hal yang sama dari orang lain. Jika Anda telah tinggal di Arab Saudi sejak lama, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa ketika mereka bertemu satu sama lain, mereka bertukar serangkaian ciuman. Setiap ciuman memiliki arti tersendiri.Tentu Anda tidak harus melakukan hal tersebut.
Setidaknya Anda harus jabat tangan dengan hangat dan tegas. Jika Anda jabat tangan dengan mereka dengan cara yang buruk, itu akan diartikan sebagai tidak hormat kepada mereka, begitu pula jika tangan Anda gemetar. Jangan pernah menggunakan tangan kiri Anda.
Jika tangan kanan Anda kotor atau bahkan basah, jangan pernah pernah berjabat tangan dengan siapa pun sebelum membersihkannya secara menyeluruh. Jika Anda bertemu situasi i yang mengharuskan Anda berjabat tangan, tawarkan pergelangan tangan Anda sebagai gantinya.

2. Selalu Awali dari Kanan

tradisi Arab makan makan
Jika Anda memasuki sebuah ruangan di mana sekelompok orang Saudi duduk, mulai selalu dari orang di sisi kanan Anda dan bergerak ke arah kiri (berlawanan dengan arah jarum jam). Jangan lupa untuk menyapa setiap orang dengan ucapan “Salaam Alaikum” dengan membungkuk sedikit kepala Anda dan senyum yang asli.

3. Bertukar Kartu Nama

tradisi Arab
Jika seseorang memberi Anda kartu namanya, ia mengharapkan hal yang sama sebagai balasannya. Jika Anda tidak memiliki kartu, sampaikan alasan untuk itu. Sementara mengambil kartu, jangan pernah menyimpannya di pinggul saku celana Anda. Hal ini akan dianggap sebagai perilaku sangat buruk dalam Budaya Arab

4. Jangan Pernah Menolak Minuman Tradisional (kopi)

tradisi Arab
pelayan menyajikan kopi pada para tamu udangan
Anda harus dinawarkan minuman tradisional Saudi disebut Qahwa, Anda jangan menolak. Bahkan jika Anda tidak suka, cukuplah menyesap dan meletakkan cangkir di atas meja.
Jika Anda akan meminumnya sepenuhnya, orang Arab yang duduk di dekat teko atau pelayan akan mengisi ulang cangkir anda. Qahwa adalah minuman kopi Saudi yang disajikanbersama dengan kurma.
hidangan Qahwa dan kurma di Saudi
hidangan Qahwa dan kurma di Saudi

5. Hindari Pemakaian Perhiasan Emas

tradisi ArabSaat Anda mengenakan kalung emas di leher Anda, cobalah untuk tidak membuat terlalu jelas. Juga, cobalah untuk menghindari memakai  gelang emas. Ini dianggap tabu oleh orang Saudi sebagaimana emas seharusnya dikenakan hanya oleh perempuan. Mengenakan cincin emas dianggap baik-baik saja, dan biasanya tidak yang akan meributkan hal itu.

6. Hindari Diskusi Politik dan Agama

tradisi Arab
Sebaiknya jangan pernah membahas politik, agama, monarki, terorisme, keamanan dan isu-isu kontroversial lainnya dengan siapa pun di sana secara terbuka. Bahkan tidak berdiskusi dengan teman-teman Arab Anda dalam raung terturup.
Ini adalah masalah yang sangat sensitif di sana dan Anda mungkin harus menghadapi konsekuensi yang serius karena ketidaktahuan Anda. Politik dalam hal ini berarti politik yang melibatkan Saudi.
Ya, Anda dapat membahas tentang politik negara Anda jika tidak memiliki hubungan dengan Arab Saudi. Orang Saudi suka sepak bola sehingga dapat menjadi alternaitf topik untuk dibahas.

7. Bersabar; Pelajaran Pertama

tradisi Arab
salah satu karyawan loket di Saudi
Pelajaran pertama yang Anda harus belajar ketika memasuki Arab Saudi adalah memiliki kesabaran. Di Arab Saudi, semuanya membutuhkan waktu untuk memproses. Bahkan membuka rekening bank dapat berlangsung beberapa hari. Jika seseorang mengatakan bahwa ia akan menyelesaikan tugas tertentu dengan satu minggu, itu berarti ia akan menyelesaikannya dalam dua minggu.
Kesabaran adalah hal dasar Anda harus belajar jika Anda ingin hidup di negeri ini untuk waktu yang lama. Saudi biasanya mengatakan Insya Allah jika Anda bertanya tentang perkiraan tanggal penyelesaian tugas. Namun, hal itu jangandianggap sebagai sebuah kepastian.

8. Etika Duduk di Kursi

tradisi Arab
Raja Salman duduk bersama Obama
Jika Anda duduk di kursi, hindari duduk bersila sehingga salah satu sepatu Anda mengarah ke tuan rumah atau lawan bicara Anda.
——————————
*disadur dari: Life in Saudi Arabia
 
 
Tags